News

Candi Brahma, Candi Hindu dengan Panorama Alam Memukau di Sleman

09 Maret 2023 18:38:11 / / Hits : 847 / Posted by Administrator

Kompleks Candi Prambanan yang terletak di Kabupaten Sleman Yogyakarta merupakan kompleks candi Hindu terbesar sekaligus terindah di Pulau Jawa dan bahkan di Indonesia. Setidaknya, terdapat 240 candi di dalamnya dengan candi utamanya yang dinamakan sebagai Candi Trimurti yang terdiri atas Candi Brahma, Siwa, & Wisnu.

Candi Brahma merupakan candi yang mengiringi Candi Siwa dan dibuat sebagai persembahan kepada Dewa Brahma. Bila Candi Wisnu terletak di utara Candi Siwa, maka candi ini berada di sisi selatannya. Kedua candi ini memiliki ukuran yang sama yakni tinggi 33 meter dan lebar 20 meter, berbeda dengan Candi Siwa yang mencapai tinggi 47 meter dan lebar 34 meter.

Tidak hanya berupa candi semata, di dalamnya juga menyimpan sebuah arca yang dinamakan sebagai arca Brahma yang memiliki ukuran sekitar 3 meter. Di depan candi ini, terdapat candi lainnya yakni Candi Wahana sebagai pengiringnya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seperti candi satu ini, yuk simak terus rincian lengkapnya di bawah ini.

Daya Tarik Wisata Candi Brahma

Sejak 13 Desember 1991, kompleks candi Prambanan (Prambanan Temple Compounds) telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Sejatinya, apa saja sih daya tarik yang dimilikinya?

1. Candi dengan Arsitektur yang Unik

Secara sepintas, arsitektur dan bentuk dari Candi Brahma memiliki kesamaan dengan Candi Siwa. Hanya saja, ukuran yang dimilikinya lebih kecil yakni memiliki tinggi 33 meter & lebar 20 meter, berbeda dengan Candi Siwa yang mencapai tinggi 47 meter & lebar 34 meter.

Baca Juga:  Candi Kedulan, Destinasi Wisata Sejarah yang Sarat Misteri di Sleman

Di bagian sisi timur, terdapat tangga masuk yang memungkinkan seseorang untuk masuk. Namun biasanya pengelola setempat melarangnya untuk umum agar tidak mengakibatkan kerusakan. Selain itu, di dalamnya juga terdapat sebuah bilik yang terdapat arca Brahma.

2. Kompleks Candi dengan 3 Halaman Konsentris

Saat berkunjung ke Candi Brahma, maka kalian tidak hanya dapat melihat candi tersebut saja, melainkan juga melihat 18 candi lainnnya yang terdapat pada kompleks Prambanan. Diantaranya terdiri atas 8 candi utama, 8 candi kecil, dan 2 candi perwira.

Kompleks percandian ini memiliki 3 halaman yang ditata secara konstentris (dengan pola memusat). Setiap halaman memiliki batas berupa pagar keliling. Apabila kalian ambil fotonya menggunakan drone, tentunya sangatlah indah.

3. Taman & Museum Purbakala Prambanan

Apabila berkunjung ke taman Purbakala Candi Prambanan yang terletak di bagian utara kompleks Candi Brahma, maka kalian akan menemukan sebuah museum yang berisi serangkaian benda-benda bersejarah yang didapatkan sejak zaman purbakala.

Museumnya tidak seperti kebanyakan museum di Indonesia, melainkan dibangun dengan arsitektur Jogo (style tradisional khas Jawa). Beberapa hal yang bisa kalian temui di dalamnya meliputi arca berbagai dea Hindu, batu Lingga Siwa, replika harta karun emas Wonoboyo, hingga pertunjukan audio visual.

4. Kebun Binatang dengan Aneka Satwa

Setelah puas melihat indahnya Candi Brahma dan belajar sejarah di Museum Prambanan, maka kalian dapat berkunjung ke kebun binatang Candi Prambanan yang terletak di belakang kompleks candi.

Satwa yang dimiliki memang tidak terlalu lengkap karena tergolong sebagai “mini zoo”. Diantara satwa tersebut yaitu rusa, merak, ayam hutan, kasuari, burung kuntul, kambing, kaka tua, dan aneka jenis flora (tumbuhan) langka di Indonesia.

5. Pertunjukan Sendratari Ramayana

Saat melihat Candi Brahma, kalian bisa melihat relief di sekeliling candi yang menceritakan tentang kisah Ramayana dan Krishnayana. Nah, kisah Ramayana yang menggambarkan tentang Sinta sebagai istri Rama yang diculik Rahwana ini akan ditampilkan dalam Sendratari Ramayana yang terdapat di panggung terbuka Trimurti Prambanan.

Sendratari Ramayana merupakan pertunjukan atau pagelaran wayang orang sebagai budaya khas Jawa. Namun, pentas pagelaran tersebut tidak dilakukan setiap malam, melainkan hanya saat malam bulan purnama.

 

Borobudur sunrise, Jomblang Vertical Cave, Ramayana Ballet Prambanan

Tags : borobudur sunrise, jomblang vertical cave, ramayana ballet prambanan



Berita Lainnya :


Tour Package

Contact Us

BOROBUDUR SUNRISE TOURS

PT. BOROBUDUR DESTINASI UTAMA

NIB : 0302240041553

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
0274485672

Mobile
08112640967

 Email :

Klik Disini 

ONLINE SUPPORTS :
WE ACCEPT

Exchange Rate :

Promo

Ramayana Ballet Purawisata Yogyakarta
Jadwal Sendratari Rorojonggrang Prambanan
Jadwal Ramayana Ballet Prambanan
We are the official agent for ticket sales for Borobudur, Prambanan and Ratu Boko temples
SHINTA OBONG RAMAYANA BALLET PRAMBANAN
Paket Wisata Gua Pindul Yogyakarta Sehari
Jomblang Vertical Cave Yogyakarta
Jomblang Vertical Cave plus Timang Beach
YOGYAKARTA BIKING PACKAGE
Dieng Golden Sunrise via Sikunir Hill
Merapi Soft Trekking
Jeep Merapi Sunrise
Linktree
Ramayana Ballet Prambanan

Info Tour

Hotel

Lates News

Rent Car

Statistic

Flag Counter

Contact Us

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
0274485672

Mobile
08112640967

WhatsApp
628112640967

Telegram
+628112640967

Line
borobudursunrise

Email
borobudursunrise.net@gmail.com, reservation@borobudursunrise.net

Bankers

BANK CENTRAL ASIA ( BCA ) KCP MANGKUBUMI YOGYAKARTA
1260550914
EKO WAHJU WIDJOJANTO, Swift Code : CENAIDJA

BANK MANDIRI
1370014216929
PT. BOROBUDUR DESTINASI UTAMA, Swift Code : BMRIIDJA

Transfer Wise
https://wise.com/
https://wise.com/

CREDIT CARD
POWERED BY IPAY88
POWERED BY IPAY88