News

8 Tren Wisata Setelah Pandemi, Staycation hingga Wisata Alam

04 November 2020 20:57:27 / / Hits : 38 / Posted by Administrator

8 Tren Wisata Setelah Pandemi, Staycation hingga Wisata Alam

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memengaruhi pariwisata. Oleh karena itu, tren wisata pun diprediksi berubah setelah pandemi. Dalam sesi interview khusus dengan Kompas.com, Regional Director, South Asia, Booking.com, Vikas Bhola, menuturkan sejumlah tren wisata setelah pandemi Covid-19. "Tiap negara akan memiliki tahap pandemi yang berbeda, pertanyaan terkait ‘di mana’ dan ‘kapan’ kegiatan wisata akan kembali normal sulit diprediksi, namun kami melihat pertumbuhan positif di beberapa wilayah di Asia Pasifik," kata Vikas.

 

Pilih jarak dekat "Kami memprediksikan orang-orang melakukan perjalanan yang lebih dekat ke rumah, dengan wisata domestik sebagai tahap awal," kata Vikas. Menurut riset Booking.com pada 2020, 76 persen wisatawan Indonesia ingin bepergian dalam negeri di masa-masa tidak pasti ini. Adapun itu meningkat dari waktu yang sama tahun lalu ketika properti domestik menyumbang 55 persen dari yang masuk ke daftar keinginan. Baca juga: Tren Wisata New Normal, Liburan Lebih Lama dan Incar Destinasi Domestik Pilih jalur darat Wisatawan disebut bakal cenderung tidak akan memilih perjalanan menggunakan pesawat terbang. Selain itu, kegiatan wisata pertama mereka akan lebih ke tujuan terdekat atau yang bisa ditempuh hanya dengan berkendara dengan mobil pribadi mereka. Staycation Era New Normal, menurut Vikas, menghasilkan tren baru dalam industri akomodasi, di mana orang dapat melarikan diri dari tekanan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. "(Mereka) menyegarkan jasmani dan rohani di negara mereka sendiri setelah periode lockdown dan bekerja di rumah

Destinasi outdoor Selain perjalanan domestik jarak pendek, destinasi outdoor atau wisata alam juga lebih menarik bagi para wisatawan. "Perjalanan ke pantai dan tujuan wisata alam lebih disukai, sebagai cara untuk menghindari keramaian dan memenuhi kebutuhan untuk beristirahat and relaksasi," kata Vikas. Baca juga: Beiji Park, Spot Selfie Wisata Alam Baru di Pacitan yang Sudah Buka untuk Umum Berhubungan kembali dengan keluarga Sebagian besar wisatawan berencana untuk melakukan perjalanan dengan pasangan dan/atau bersama anak-anak mereka. "Dengan liburan musim panas yang sedang berlangsung, mereka berharap dapat berbagi pengalaman dengan orang yang mereka cintai, jauh dari rumah," kata Vikas. Baca juga: Bukit Sekipan Tawangmangu, Jelajah Spot Selfie hingga Wisata Keluarga Fleksibilitas, seperti pembatalan gratis Wisatawan terus mencari kebijakan fleksibel saat perjalanan; pembatalan gratis adalah nilai utama bagi wisatawan. Harga dan penawaran kompetitif juga memiliki peringkat tinggi untuk wisatawan untuk berwisata setelah usai Covid-19, "Ketika biaya perjalanan menjadi faktor penting dalam sebuah perjalanan yang menjadi perhatian, ini dapat membantu meyakinkan wisatawan untuk melakukan pemesanan," kata Vikas.

 

Lihat Foto Parador Hotels & Resorts menerapkan protokol kesehatan di unit hotelnya.(Parador Hotels & Resorts)

Wisata yang aman Wisatawan mencari cara untuk berwisata dengan aman dan memilih properti yang menyediakan informasi tentang standar kebersihan. Pola pikir yang lebih berkelanjutan "Dari penelitian kami yang dilakukan awal tahun ini kami telah melihat wisatawan menjadi lebih sadar tentang dampak lingkungan yang mereka akan alami di sebuah destinasi wisata," kata Vikas. Baca juga: 3 Kunci agar Pariwisata Bali Bertahan dan Berkelanjutan Penelitian yang dilakukan Booking.com mengungkapkan, 93 persen dari wisatawan Indonesia mengidentifikasi perjalanan berkelanjutan sebagai hal yang penting bagi mereka. "Sementara 72% mengatakan mereka lebih bertekad untuk membuat pilihan yang berkelanjutan ketika ingin melakukan perjalanan lagi di masa depan," lanjutnya. Pada bulan-bulan mendatang melakukan perjalanan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab akan meningkatkan kesadaran wisatawan untuk berkontribusi kepada komunitas lokal baik yang jauh maupun yang dekat dengan tempat tinggal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Tren Wisata Setelah Pandemi, Staycation hingga Wisata Alam", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2020/08/24/173600727/8-tren-wisata-setelah-pandemi-staycation-hingga-wisata-alam?page=all#page2.
Penulis : Kahfi Dirga Cahya
Editor : Kahfi Dirga Cahya

Tags : 8 tren wisata setelah pandemi, staycation hingga wisata alam, tren wisata setelah pandemi, staycation hingga wisata alam



Berita Lainnya :


Tour Package

Contact Us

BOROBUDUR SUNRISE TOURS

PT. BOROBUDUR DESTINASI UTAMA TOUR AND TRAVEL

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

WhatsApp click here :
+628112640967

Telegram click here :
+628112640967

LINE click here :

Email :

borobudursunrise.net@gmail.com or eko.wijoyanto@gmail.com

We accept :

 Paypal :

Transfer Money 

Exchange Rate :

Promo

Jeep Lava Tour Merapi
Progo River Rafting
Dieng Golden Sunrise via Sikunir Hill
Paket Wisata Gua Pindul Yogyakarta Sehari
Jomblang Vertical Cave Yogyakarta
Trekking Merapi Summit
Jadwal Ramayana Ballet Prambanan
Good Morning Borobudur
OUTBOUND TRAINING DI PURI ASRI MAGELANG
Merapi Soft Trekking
YOGYAKARTA BIKING PACKAGE
Timang Beach
Ramayana Ballet Prambanan
Hard Trekking Mount Merbabu
The Legend of Roro Jonggrang Ballet Prambanan
NICE BOROBUDUR SUNSET TOUR
Experience with our free app
Experience with our free app

Info Tour

Hotel

Lates News

Rent Car

Statistic

User Online:7
Total Hits:5282382
Total Visitor:1886871
Flag Counter

Contact Us

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

WhatsApp
+628112640967

Telegram
+628112640967

Line
borobudursunrise

Email
borobudursunrise.net@gmail.com, eko.wijoyanto@gmail.com

Bankers

BANK MANDIRI
1370014216929
PT. BOROBUDUR DESTINASI UTAMA

Transfer Wise
https://transferwise.com/
https://transferwise.com/

Pay Pal
https://www.paypal.me/borobudursunrisetour
https://www.paypal.me/borobudursunrisetour

Promo